Jumat, 11 Mei 2012 | 10.46 | 0 Comments

Pendapatan Lambat, Facebook Mulai "Jualan" Aplikasi

 Facebook mulai menjual aplikasi. Aplikasi berbayar ini akan terkumpul dalam satu tempat bernama App Center. App Center sendiri akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan.

App Center dipersiapkan bersamaan dengan peluncuran saham perdana Facebook yang diperkirakan bernilai 77 hingga 96 miliar dollar AS. Kunci perhatian investor adalah pertumbuhan pendapatan Facebook yang lambat, karena makin terbatasnya paparan iklan di Facebook.

Dalam prospektus yang diajukan kepada Securities and Exchange Commission pada Rabu (9/4/2012), Facebook mengatakan bahwa popularitas perangkat mobile menyebabkan pengguna harian tumbuh lebih cepat dibandingkan jumlah iklan yang masuk.

Facebook selama ini memperoleh pendapatan dari iklan online, ditambah aplikasi sosial yang memberikan pemasukan, seperti Farmville dkk. Pemain dalam game-game sosial tak ragu merogoh kantong untuk meningkatkan level atau memperoleh beberapa benda unik dalam game.

App Center, nantinya akan memungkinkan developer perangkat lunak untuk menjual aplikasi langsung kepada para konsumen. Pembayaran harus melalui Facebook Credits, yakni sistem pembayaran yang telah dimiliki Facebook, skema itu akan memberi Facebook 30 persen bagian dari penjualan aplikasi di App Center.

Selama ini, aplikasi memang cukup populer di Facebook, termasuk layanan musik dan sosial game. Menurut Facebook, ada sekitar 200 aplikasi di Facebook yang memiliki lebih dari 1 juta pengguna.

App Center akan memiliki aplikasi yang didesain untuk PC dan perangkat mobile seperti Apple iPhone serta Google Android. Pada saat melakukan instalasi, aplikasi yang tersedia di App Center akan terhubung dengan Apple App Store dan Google Play (sesuai OS yang digunakan oleh pengguna).

App Center akan menampilkan halaman utama berdasarkan skor kualitas yang direkomendasikan pengguna, atau berdasarkan data yang dikumpulkan Facebook, seperti seberapa sering aplikasi itu di-download dan berapa lama seseorang menggunakan aplikasi tersebut. Pengguna satu dengan lainnya akan melihat antarmuka yang berbeda, karena Facebook tak menyediakan versi standar.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Berita Bacaan © 2010 - All right reserved - Editing Beritabacaan Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.