Rabu, 13 Juni 2012 | 08.17 | 0 Comments

5 Fakta Unik Tentang Ikan Paus

Hewan laut ini pada umumnya mempunya ukuran yang lebih besar daripada seekor gajah. Tidak seperti hewan laut lainnya, paus bernafas menggunakan paru-paru karena dia adalah mamalia. Karena alat pernafasannya yang berupa paru-paru tadi, maka paus sering menampakkan dirinya di permukaan air untuk mengambil nafas di udara bebas seperti mamalia lainnya.

1.Ukuran Paus
Walaupun banyak paus yang ukurannya raksasa, ternyata ada pula paus yang ukurannya relatif kecil yaitu paus pantai yang ukurannya maksimalnya hanya 5 meter.

2.Tahan Nafas di dalam air
Seekor Paus mampu bertahan 5 hingga 15 menit di bawah air. Kemudian mereka akan kembali ke permukaan untuk mengambil nafas.

3.Rakus.haha(lihat aja badannya yang besar,Gimana gak banyak makannya)
Setiap harinya ikan paus memakan ribuan ikan-ikan kecil hingga mencapai beberapa ton. Ikan paus juga memiliki cadangan makanan lain berupa lapisan lemak di tubuhnya setebal lebih dari 30 cm.

4.Tergolong Hewan air Terbesar di dunia.
Paus merupakan salah satu hewan terbesar di dunia. Rekor paus terbesar dimiliki oleh spesies paus biru yang memiliki panjang 30 meter dengan berat sekitar 190 ton. Bayi paus biru yang baru lahir saja memiliki berat sekitar 2 ton dengan panjang 1-2 meter.

5.Perenang Yang cepat.
Paus sirip adalah paus perenang tercepat. Mereka mampu berenang dengan kecepatan hingga 30 km per jam. Selain itu, suara paus biru sangat hebat, suaranya mampu terdengar hingga ratusan kilometer jauhnya di bawah air.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Berita Bacaan © 2010 - All right reserved - Editing Beritabacaan Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.