Senin, 25 Juni 2012 | 21.13 | 0 Comments

5 Kematian yang paling Fenomenal di tahun 2011

1. Steve Jobs, (Pendiri & Mantan CEO Apple Inc) 

Steven Paul ”Steve” Jobs adalah seorang tokoh bisnis dan penemu Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Pada Rabu, 5 Oktober 2011 waktu Palo Alto, Calif, Amerika Serikat, Steve Jobs wafat akibat kanker pancreas yang dideritanya. Berita kematiannya ini langsung menjadi berita utama di seluruh media massa dunia. Hari itu, situs Apple di www.apple.com secara resmi mengumumkan berita duka itu dengan mengubah tampilan depan situsnya menjadi gambar penuh Steve Jobs dengan kombinasi warna hitam-putih dan tulisan “Steve Jobs 1955-2011” di samping foto Steve Jobs. Biografi resmi Steve Jobs yang ditulis oleh Walter Isaacson (berdasarkan permintaan Steve Jobs sendiri) juga langsung dipercepat penerbitannya, agar kisah hidup Jobs yang sangat memukau dan inspiratif  itu langsung segera bisa dibaca oleh masyarakat dunia. Salah satu pola pandang Jobs yang sangat memukau dan inspiratif yakni tekadnya membangun Apple yang bukan untuk pertimbangan bisnis belaka, tapi untuk sebuah visi mengubah dunia.
2. Osama Bin Laden, (Pemimpin Al-Qaeda)

Usamah bin Muhammad bin Awwad bin Ladin sering dipanggil Osama bin Laden adalah pendiri Al Qaeda sebuah organisasi rahasia yang diklaim Barat sebagai organisasi teroris. Dilahirkan di Jeddah, Arab Saudi, kawasan pantai Laut Merah. Pada 2 Mei 2011 menjadi akhir bagi kisah persembunyian Osama dari pengejaran intelijen dan kepolisian Amerika dan sekutunya. Osama tewas dalam serangan yang dilakukan oleh militer Amerika di Abbottabad, Pakistan. Berita kematian Osama ini sontak menggemparkan dunia, sebab Osama merupakan tokoh dunia yang oleh Amerika dituding sebagai teroris nomor satu dan paling dicari di dunia.
3. Moammar Khadafi, (Pemimpin Libya) 

Kekuasaan yang hampir 42 tahun telah menempatkannya menjadi penguasa terlama Libya sekaligus sebagai pemimpin non-kerajaan keempat sejak tahun 1900 dan terlama sebagai pemimpin penguasa Arab. Khadafi adalah salah satu pemimpin negara Timur Tengah yang sangat otoriter. Kepemimpinannya selama 42 tahun telah menyisakan kesengsaraan bagi rakyatnya. Akhirnya, terinspirasi dari gerakan revolusi di Tunisia dan Mesir, rakyat Libya melakukan gerakan revolusioner untuk menggulingkan Khadafi dari tampuk kekuasaannya. Pada tanggal 20 Oktober 2011, media melaporkan bahwa seorang pejabat Dewan Transisi Nasional/NTC telah mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Khadafi telah ditangkap di kota kelahirannya, Sirte, pada pagi 20 Oktober 2011. Menurut Pejabat tersebut, Khadafi dilaporkan meninggal karena terluka parah pada kedua kaki dan kepalanya. Mayat Khadafi dan putranya, Mutassim, serta mantan Menteri Pertahanan Abu Bakar Younis sempat dipertontonkan kepada publik di sebuah ruang pendingin daging di pasar di Kota Misrata, sebelum dimakamkan di sebuah tempat rahasia di gurun.
4. Marco Simoncelli, (Pembalap MotoGP)

Marco Simoncelli adalah salah satu pembalap MotoGP yang berasal dari Italia, dan cukup terkenal dengan karakter balapnya yang cukup garang. Gaya garangnya ini terlihat ketika seri terakhir MotoGP musim 2010, saat ia nyaris membuat Jorge Lorenzo terjatuh dan gagal meraih kemenangan di seri terakhir musim itu. Simoncelli meninggal dunia di Sirkuit Internasional Sepang pada tanggal 23 Oktober 2011 karena kecelakaan yang dialaminya saat GP Malaysia 2011. Simoncelli terlibat kecelakaan bersama Colin Edwards dan Valentino Rossi saat berada di posisi keempat pada putaran kedua. Simoncelli terjatuh ketika sedang berbelok di tikungan ke-11 Sirkuit Sepang dan tertabrak oleh motor Edwards. Edwards juga terjatuh namun hanya mengalami patah tulang bahu, sementara Simoncelli berbaring diam di lintasan sesaat setelah kecelakaan dengan helmnya terlepas dalam insiden itu.
5. Mohamed Bouazizi, (Inspirator The Arab Spring)

Mohamed Bouazizi bisa dibilang “martilnya” badai revolusi yang dikenal dengan sebutan The Arab Spring yang menimpa kawasan Timur Tengah beberapa tahun terakhir ini. Sosok mahasiswa muda, pedagang buah dan sayur berumur masih 26 tahun tiba-tiba menjadi menginspirasi banyak negara untuk menyuarakan “revolusi” kepada tirani. Aksi bakar dirinya pada 17 Desember 2010 dan mengakibatkan kematiannya pada 4 Januari 2011. Hal ini dilakukan Bouazizi untuk memprotes polisi Tunisia yang telah merampas gerobak yang biasa digunakannya berjualan buah dan sayur justru menginspirasi rakyat Tunisia untuk bergerak menentang dan menggulingkan rezim otoriter Presiden Zine al Ebidine Ben Ali di Tunisia. Bahkan, kesuksesan Revolusi Tunisia itu kemudian menginspirasi Mesir, Libya, Yaman dan beberapa negara Timur Tengah yang juga berada di bwah rezim otoriter untuk berevolusi. Kini, Bouazizi disebut-sebut sebagai tokoh inspiratif gerakan revolusi di Timur Tengah.



Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Berita Bacaan © 2010 - All right reserved - Editing Beritabacaan Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.