Jumat, 29 Juni 2012 | 12.16 | 0 Comments

5 Pelaut Wanita Terhebat di Dunia

Pelaut mungkin sudah tak asing di telinga masyarakat saat ini. Namun mendengar pelaut wanita yang berlayar sendirian di tengah lautan itu sebuah hal yang jarang bahkan sangat langka di jaman modernisasi seperti ini. Menjadi pelaut bukan hal yang mudah butuh kemampuan yang tinggi dalam mengendarai perahunya. Butuhkeberanian yang tinggi dalam mengarungi lautan lepas. Berikut 5 pelaut wanita terhebat di dunia:

1. Grace O'Malley

Grainne NI Mháille (c. 1530 – c. 1603), Grainne O’Malley atau Grace O’Malley adalah Ratu Umaill, kepala suku dari klan Máille Ó dan bajak laut di abad ke-16 Irlandia . Dia biasa dikenal dengan julukannya Granuaile atau Grainne Mhaol “Grainne Bald,” sebuah referensi sebagai wanita muda yang berambut cepak. Dianggap salah satu pelaut wanita terbaik di dunia, hidupnya menyajikan sebuah kisah kepahlawanan, berlayar dengan keterampilan dan tekad. Dia lahir di Irlandia dan mengambil alih sebagai pelayar setelah kematian ayahnya. Tapi ketika dia melakukanitu, dia tidak hanya melaut untuk melakukan apa yang ia cintai, tetapi juga untuk membuktikan kepada dunia bahwa dia hanya ingin membuktikan bahwa dialah yang terbaik dari semua rekan-rekan lelakinya yang juga pelaut.
Meskipun sejarah merujuk dia sebagai perempuan “bajaklaut” terhebat dunia, tidak ada yang menyangkal kenyataan bahwa keterampilan berlayarnya lebih baik daripada kebanyakan pria pelaut pada waktu itu, maka hal itu membuatnya seperti bajaklaut yang ulung. Bajak laut atau tidak, Grace O’ Malley terus menjadi salah satu pelaut wanita terbaik di dunia.


2. Skipper Thuridur

ThuridurEinarsdóttir, lahir tahun1777 di Pantai Selatan, daerah yang terkenal baik untuk terumbu karang. Dia bergabung kru memancing ayahnya ketika dia berumur sebelas tahun, dan itulah awal karier limapuluh tahun yang sukses. Salah satu pelaut wanita pertama di dunia, Skipper Thuridur adalah seorang kapten pemancing ikan di Islandia. Skipper Thuridur dianggap sebagai pelaut yang mampu berlayar di segala kondisi laut. Keahliannya itu membuatnya disebut salah satu kapten pemancing paling mahir di daerah tersebut. Karir berlayarnya dimulai pada usia muda yaitu 11 tahun ketika ia pertama kali bergabung dengan kru memancing ayahnya dan tidak akan pernah meninggalkannya. Saat itulah dia menemukan cinta sejati dalam hidupnya dan membuka jalan bagi lebih banyak pelaut wanita lagi untuk dimasa yang akan datang.

3. Krystyna Chojnowska- Liskiewicz

Pada tanggal 21 April 1978, terjadi catatan sejarah yang tidak pernah dilupakan di dunia.Krystyna Chojnowska-Liskiewicz, lahir 15 Juli 1936 di Polandia adalah wanita pertama yang berlayarsendirian (solo) di seluruh dunia. Dia berlayar dari Kepulauan Canary pada tanggal 28 Februari 1976, dan kembali pada tanggal 21 April 1978, menyelesaikan perjalanan mengelilingi dunia dengan jarak 31.166 mil laut (57.719 km) dalam 401 hari. Dia berlayar dari Kepulauan Canary pada tanggal 28 Februari 1976, menyeberangi Samudra Atlantik ke Barbados. Dia kemudian berlayar melalui Laut Karibia ke TerusanPanama ,dan ke Samudra Pasifik .Setelah menyeberangi Pasifik, Chojnowska-Liskiewicz berlayar melalui Tahiti dan Fiji untukAustralia ,dan kemudian barat melintasi Samudra Hindia melalui Mauritius. Setelah melewati Tanjung Harapan, ia berlayar ke utara, dan menyilangkan melacak outbound-nya pada tanggal 20 Maret 1978 di lintang 16 ° 08.5 ‘utaradanbujur 35 ° 50′ barat.

Chojnowska-Liskiewicz menyelesaikan perjalanan ketika ia memasuki pelabuhan Las Palmas de Gran Canaria pada tanggal 21 April 1978, setelah berlayar 31.166 mil laut (57.719 km) dalam 401 hari. Pada tanggal 18 Juni 1978, ia kembali ke Polandia, dimana ia masih dilihat sebagai sesuatu dari pahlawan nasional.

4. Naomi James

Naomi James lahir di Selandia Baru di sebuah peternakan domba yang terkurung daratan dan tidak belajar bagaimana caranya untuk berenang sampai usia 23 tahun, namun dia berhasil memecahkan rekor dunia dengan berlayar sendirian (solo) mengelilingi dunia selama 272 hari. Dia belajar berlayar dari suaminya sendiri, Rob James, yang menikahinya setelah dia kembali dari perjalanan berkeliling dunia itu.
Setelah pelayaran, dia menemukan sebuah rumah bersama suaminya di Cork Harbour,Irlandia. Dia menyerah berlayar di 1982 setelah memenangkan dua ribu mil putaran dengan suaminya, Rob James ,karena dia menderita parah dari penyakit laut selama perjalanan (mungkin ditambah dengan mual di pagi hari karena kehamilannya). Pada tahun 1983 saat berlayar dalam perahu yang sama yang memenangkanlomba, suaminya jatuh ke laut dan tenggelam dari Salcombe , Devon . Putrinya lahir 10 hari kemudian. James diangkat ke Selandia Baru Sports Hall of Fame pada tahun 1990. Dia menerima gelar PhD dalambidang Filsafat dari University College Cork pada tahun 2006.

5.Kay Cottee

Nah, ini baru yang terbaik dari yang terbaik.Pelaut wanita asal Australia ini membuat dunia duduk melihat kehadirannya dari perjalanan keliling dunia dengan berlayar sendirian (solo) dalamwaktu 189 hari. Pelayaran dalam waktu 189 hari itu membuat namanya menjadi pelaut wanita teratas yang berhasil mengelilingi dunia dengan berlayar sendirian.
Pada 34 tahun, Kay Cottee menjadi wanita pertama yang berlayar putaran solo, tanpa bantuan dan tanpa henti di dunia pada Juni 1988. Berlayar pada tanggal 29 November 1987 dari Watsons Bay dan kembali 189 hari kemudian pada tanggal 5 Juni, dia melaju ke Sydney Harbour yang dipenuhi oleh puluhan ribu simpatisan baik. Dia menderita memar yang cukup besar ketika di Samudra Selatan, kapalnya terbalik dan dia terbentur secara berlebihan dengan kurangnya keamanan. Menyoroti perjalanannya mengitari Cape Horn dari Chili selatan, ujung paling selatan dariAmerika Selatan, dengan semua itu dirayakan dengan makan siang kepiting, mayones dan roti panggang diri, dan sebotol Grange , anggur Australia bergengsi.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Berita Bacaan © 2010 - All right reserved - Editing Beritabacaan Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.