Rabu, 13 Juni 2012 | 07.57 | 0 Comments

7 Keunikan Tentang Bunga Mawar

Bunga Mawar saat hari Kasih sayang, ya banyak pasangan yang selalu melakukan hal tersebut jika valentinr.
Bunga mawar sering diidentikkan dengan perasaan sayang atau cinta kepada seseorang. Kesan romantis pun timbul dari keindahan warnanya. 
Selain itu, wangi harum yang dimilikinya tak ayal menjadikan bunga ini hadiah yang pas untuk seseorang yang kita anggap spesial. Nah sebelum membelinya di toko bunga atau memetiknya dari taman, tak ada salahnya bila sobat membaca beberapa fakta unik yang telah dirangkum Rendra tentang tanaman mawar ini.

1. Berdasarkan mitologi Yunani, duri yang tumbuh pada permukaan batang tanaman mawar disebabkan karena anak panah yang dilesatkan oleh Cupid meleset dan secara tak sengaja malah mengenai batang tanaman mawar tadi.

2. Ada lebih dari 15.000 spesies tanaman mawar berbeda yang dibudidayakan di seluruh dunia. Fosil tanaman mawar tertua ditemukan di Florissant Colorado. Fosil tersebut diprediksi pernah hidup sekitar 35 juta tahun yang lalu.

3. Tanaman mawar ternyata masih satu keluarga(family) dekat dengan buah-buahan seperti apel, pir, chery dan almond. Fakta lain yang mengejutkan adalah kelopak bunga mawar ternyata malah mengandung lebih banyak vitamin C daripada buah-buahan tadi!

4. Tanaman mawar tertua yang diketahui masih hidup hingga sekarang berada di Katedral Hildeshiem di Jerman yang telah mampu bertahan hidup lebih dari 100 tahun!

5. Awak kapal Christoper Columbus secara tak sengaja menemukan batang tanaman mawar di lautan pada tanggal 11 Oktober 1492. Tentu saja hal tersebut menjadi berita yang sangat menggembirakan bagi seluruh kru kapal karena batang tanaman mawar tersebut pastilah menunjukkan adanya suatu daratan yang kemudian sekarang kita kenal sebagai Benua Amerika.

6. Pada tahun 1986 Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan meresmikan bahwa bunga mawar sebagai Bunga Nasional negaranya. Di Amerika Serikat sendiri, sekitar 400 hektar tanaman mawar dipanen setiap tahunnya dari rumah-rumah kaca. Karena itu tak perlu heran bila 85% konsumen mawar di dunia adalah dari Amerika Serikat.

7. Harga rata-rata satu lusin bunga mawar adalah Rp. 70.000. Pada tahun 1898 ketika terjadi inflasi harga satu lusin batang mawar pernah mencapai sekitar Rp. 360.000. Untuk saat ini, penjualan tanaman mawar akan meningkat ketika hari Valentine atau hari ibu hingga 42%.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Berita Bacaan © 2010 - All right reserved - Editing Beritabacaan Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.