Selasa, 11 September 2012 | 19.29 | 0 Comments

BAHAYA MENELAN AIR KOLAM RENANG


mengenai masalah BERENANG...



Taukah agan, kalo ternyata Menelan Air Kolam Renang dapat menyebabkan bahaya bagi tubuh kita...

Berikut penjelasannya :



Tak ada yang lebih menggembirakan anak-anak selain puas bermain air di kolam renang. Berenang, menyelam, atau sekedar menciprat-ciprat air sama serunya. Hati-hati, jangan sampai air kolam tertelan.
Menelan air kolam renang ternyata menjadi salah satu penyebab merebaknya wabah penyakit di beberapa negara. Dalam laporan yang dikeluarkan pemerintah Amerika Serikat, disebutkan terjadi 134 wabah penyakit yang ditularkan oleh mikoorganisme patogen yang berada dalam air.
Wabah yang terjadi antara tahun 2007-2008 itu dikaitkan dengan kolam renang dan kegiatan rekreasi lainnya di air. Selain itu ditemukan 36 wabah penyakit yang dihubungkan dengan air minum.
Pada bulan Januari 2007 juga dilaporkan terjadi wabah penyakit yang berkaitan dengan kegiatan di kolam renang. Yang terbesar mungkin yang terjadi pada bulan Desember 2008 yang melanda 38 negara bagian dan Puerto Rico, menyebabkan sedikitnya 13.966 orang sakit.
Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan antara tahun 2005 sampai 2008 terjadi peningkatan penyakit yang disebabkan air yang tercemar 72 persen. Pencemaran air itu terjadi di kolam renang, sungai, danau, atau air laut.
Sekitar 45 persen wabah penyakit yang terjadi di tahun 2007-2008 disebabkan karena cryptosporidium, parasit yang terkenal kebal klorin. Sementara itu hasil analisa data nasional AS menemukan lebih dari 4.000 kasus penyakit dan cedera terjadi karena penggunaan bahan kimia di kolam renang publik atau pribadi.


nah,agan2 semua... karena bahaya yang disebabkan saat menelan air kolam renang... Ada kiat-kiatnya nih supaya tidak menjadikan berenang yang mengasikkan menjadi penyakit..

Untuk mencegah infeksi penyakit ini, CDC memberikan saran pencegahan, yakni:

- Hindari kegiatan berenang atau bermain air saat sedang menderita diare. Bakteri penyebab diare dengan mudah akan menyebar di air dan menularkannya kepada orang lain.

- Ajarkan anak-anak untuk tidak menelan air kolam, sungai, danau, atau air laut.

- Mandilah dengan sabun sebelum masuk ke kolam renang dan cuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet. Tindakan ini akan mencegah bakteri dalam tubuh larut ke dalam air kolam.

Nah, sekarang agan-agan udah tau kan tipsnya, ada tambahan juga nih.
Selain karena air kolam, CDC juga menemukan banyak kasus penyakit perut akibat infeksi air minum. Kebanyakan kasus tersebut terjadi karena air minum yang berasal dari air tanah tidak mendapat pengolahan yang tepat.

Para ahli juga menemukan penularan bakteri, virus, parasit, dan bahan kimia di air yang terminum. Sepertiga dari air minum yang menyebabkan wabah juga terinfeksi legionella, bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan berat.
sumber


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Berita Bacaan © 2010 - All right reserved - Editing Beritabacaan Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.