Rabu, 13 Juni 2012 | 09.45 | 0 Comments

Uniknya Pengobatan Otak yang Rusak Tanpa Bedah

Pencitraan menggunakan ultrasound telah umum dimanfaatkan untuk berbagai jenis kepentingan screening. Namun teknologi ini lebih sering digunakan untuk melihat keadaan calon bayi di dalam rahim seorang ibu.

Ultrasound adalah perputaran gelombang tekanan suara dengan frekuensi lebih besar dari batas tertinggi pendengaran manusia. Hasil penelitian menyatakan bahwa ultrasound efektif dipakai untuk praktik pengobatan.

Hal ini kemudian mengilhami tim dokter di Swiss untuk menciptakan perangkat ultrasound untuk menghilangkan jaringan otak yang rusak tanpa harus melakukan operasi bedah otak.
 
"Dengan cara ini, pasien tidak perlu menjalani pembedahan otak yang berisiko tinggi. Penghilangan jaringan otak yang rusak bisa dilakukan tanpa harus memotong dan menjahit kulit kepala atau sampai melubangi tengkorak kepala", kata Neal Kassel dari University of Virginia seperti dikutip dari Softpedia.

Penggunaan teknologi ini dibantu dengan perangkat Magnetic Resonance Imaging (MRI) yang akan memberikan gambaran target jaringan otak rusak yang akan dihilangkan.

Metode high-intensity focused ultrasound (HIFU) bekerja dengan menciptakan gelombang ultrasound yang sangat kuat dari sebuah alat khusus. Balok ultrasound kemudian diarahkan dengan tepat pada jaringan otak rusak yang telah ditandai.

Pada saat suhu ultrasound memanas, hal ini akan turut pula memanaskan masing-masing area dari pusat jaringan yang dikenai ultrasound. Kemudian, panas ini akan membakar semua sel penyakit dalam area tersebut.

Uji coba yang sukses dilakukan pada sembilan orang pasien penderita kerusakan otak dan masalah sakit kepala, membuktikan metode pengobatan ini aman diterapkan pada manusia.



Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Berita Bacaan © 2010 - All right reserved - Editing Beritabacaan Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.